CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 18 Maret 2012

6 Jenis Teh Yang Baik Untuk Kesehatan

Teh merupakan minuman popular yang biasa dikonsumsi setelah air putih, karena selain cita rasanya, teh juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini jenis teh yang baik untuk kesehatan dan konsumsi jangka panjang.

1.      Teh Hitam
Merupakan jenis teh yang paling umum dijumpai dan dikonsumsi, sekitar 75% dari penduduk dunia pernah mengkonsumsi teh jenis ini. Teh hitam berasal dari daun  tanaman Camellia sinensis. Teh ini memiliki rasa pahit, karena mengandung kafein dengan kadar paling tinggi yakni 40mg dalam satu canggir, hampir sama dengan kopi yang memiliki kandungan 50-100 mg.
  • Manfaat
Teh hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang disebut theaflavin dan thearubigin, dengan kandungan ini teh hitam dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, seperti dikatakan oleh Rebecca Baer, seorang ahli diet New York. Berdasarkan riset yang telah dilakukan, seseorang yang meminum teh hitam minimal 3 kali sehari, menurunkan resiko mereka terkena tekanan darah tinggi hingga 21%.

2.      Teh Hijau
Teh hijau memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan teh hitam. Dalam setiap gelas mengandung 25 mg kafein.
  • Manfaat
Teh hijau mengandung antioksidan yakni catechin, yang dipercaya dapat mencegah Anda terserang kanker hingga penyakit jantung, seperti yang dikatakan oleh Karen Collines, penasehat gizi di America Institute for Cancer Research di Washington, DC. Selain itu teh hijau juga dipercaya bermanfaat untuk menjaga berat badan tubuh, selain juga baik untuk kulit. Berdasarkan penelitian mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular hingga 10 %.

3.      Teh Oolong
Teh oolong hampir mirip dengan teh hitam, yang membedakan teh ini mengalami fase fermentasi relatif lebih singkat, yang membuat cita rasanya lebih kuat. Dalam secanggir teh oolong mengandung 30mg kafein.
  • Manfaat
Teh oolong sangat membantu bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan. “Oolong dapat mengaktivasi enzim yang bertanggungjawab dalam memecah trigilserid, bentuk sederhana dari lipid atau lemak yang tersimpan di sel lemak,” kata Baer. Sebuah riset membuktikan bahwa wanita yang meminum oolong membakar kalori lebih banyak daripada mereka yang hanya meminum air putih.

4.      Teh Putih
Teh putih dipetik saat usianya masih muda, oleh karena teh ini memiliki cita rasa yang lebih lembut dibandingkan jenisteh lainnya, selain itu teh ini juga memiliki kandungan kafein paling rendah. Sekitar 15 mg kafein dalam satu cangkir teh putih.
Saat teh belum diproses menjadi produk teh celup, mereka memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dibanding teh celup, karena daun teh sudah mengalami beberapa kali pemrosesan sehingga mengurangi beberapa kandungan alaminya.
  • Manfaat
Teh Putih memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Teh ini memiliki fungsi yang sama dengan teh lain untuk mengurangi resiko terserang penyakit kardiovaskular dan kanker, seperti yang dikatakan oleh Joe Simrany, presiden  dari The Tea Association of the USA, di New York. Beberapa penelitian juga menyarankan para penderita diebetes untuk mengkonsumsi teh ini.

5.      Flavored Tea
Teh jenis ini berasal dari ektrak aromatik dari kayu manis atau cinnamon, kulit jeruk, dan lavender yang biasanya dikombinasikan dengan daun teh hitam, teh hijau, dan teh putih.
  • Manfaat
Teh flavored memiliki kandungan antioksidan yang sama dengan jenis teh lainnya. Teh dengan ekstrak buah seperti blueberry mengandung lebih banyak antioksidan, seperti yang dikatakan oleh Lisa Boalt Richardson, pengarang buku The World in Your Teacup. Teh jenis ini biasanya dikemas dalam produk minuman botol dengan varian rasa, untuk hal ini  Baer menanggapi, “Lebih baik mengkonsumsi teh dengan gula yang tidak terlalu banyak, atau terlalu manis, teh botol yang manis memiliki kandungan antioksidan yang juga lebih rendah, Anda harus meminum teh botol kurang lebih 20 kali untuk mencapai kandungan antioksidan setara dengan satu cangkir teh tanpa gula,”.

6.      Teh Herbal
Secara teknik, teh herbal bukanlah teh, karena merupakan kombinasi dari buah, bunga, dan tanaman yang dikeringkan. Teh jenis ini tidak mengandung kafein.
  • Manfaat
Berdasarkan studi berupa jurnal Journal of Nutrition, diketahui bahwa mengkonsum minimal 3 cangkir teh bunga sepatu dapat membantu membantu menyeimbangan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Selain itu teh chamomile juga membantu mempermudah Anda untuk tidur.



Sumber : http://www.beautydaylily.com/a/6-jenis-teh-yang-baik-untuk-kesehatan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar