CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 23 Februari 2012

Akses Web Melalui URL untuk Memperoleh Informasi


INFO!!
URL (Uniform Resource Locator) adalah tata cara baku dalam menuliskan alamat lokasi tujuan atau lokasi sumber daya dalam internet. Tata cara ini berlaku pada www,FTP, Gopher, WAIS, dan Telnet.

       Setelah komputer kalian terhubung ke internet dan web browser telah beroperasi,kalian
 akan menemukan dunia informasi yang terbentang luas. Untuk memperoleh informasi yang ada di Internet, kalian tentu memerlukan alamat URL dari situs situs web yang ada di Internet. Kalian dapat mengetikkan alamat situs yang ingin kalian akses pada adress web browser, seperti tampak pada tampilan berikut.





Situs situs yang ada di internet dikelempokkan menjadi berikut ini.


 1.Search engine, merupakan situs mesin pencari dan pelacak informasi berdasarkan kata kunci tertentu,misalnya google.com,altavista.com,dan lain sebagainya.




2.Portal,
   yang merupakan pintu gerbang untuk melakukan akses terhadap situs-situs di Internet, misalnya netscape.com, yahoo.com, bimasakti.com, diffy.com, altavista.com, dan lain sebagainya. Semua portal tersebut pada umumnya juga menyediakan mesin pencari. Portal juga memiliki banyak fasilitas. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang terdapat pada portal Yahoo!.
 
a.    Advance search yang digunakan untuk memperinci kata kunci yang dimasukkan dalam permintaan pencarian.
b. E-mail untuk mengirim surat elektronik
c. Yahoo Messenger yang fungsinya mirip chatting.
d. Halaman pribadi Yahoo. 








3.Situs perusahaan, , merupakan situs yang dibangun oleh perusahaan untuk menyajikan profile, informasi produk, atau melakukan transaksi online. Contoh situs ini adalah klikbca.com, andipublisher.com , dan kompas.com. 


1     
       4.Situs Pemerintahan, merupakan situs yang dibangun oleh suatu instansi pemerintahan baik pemerintah daerah, pemerintah pusat maupun departemen dan badan usaha milik negara, misalnya semarang.go.id, dan jogja.go.id.





5.Situs Lembaga,merupakan situs yang dibangun oleh lembaga atau komunitas yang bergerak dalam bidang tertentu, misalnya bidang pendidikan, sosial dan budaya, atau yang lainnya. Sebagai contoh ugm.ac.id.





 


6. Situs Perorangan,merupakan situs yang dibangun oleh seseorang yang ingin menginformasikan profil diri atau karya karyanya.

 


Sumber : Buku Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) kelas IX
Gambar : Screen Capture from Laptop


Tidak ada komentar:

Posting Komentar